Monday, August 03, 2020

Peningkatan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Matematika Melalui Media Papan Pola Bilangan Biji Karet Kelas VIII SMP Negeri 4 Toboali (Judul dan Latar Belakang untuk Skripsi)

Peningkatan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Matematika Melalui Media Papan Pola Bilangan Biji Karet Kelas VIII SMP Negeri 4 Toboali


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi pola bilangan yang menyebabkan siswa kesulitan untuk menentukan pola yang ada pada soal, siswa kesulitan dalam merumuskan generalisasi dari keteraturan atau pola bilangan, dan siswa cenderung terlalu fokus pada rumus tanpa mereka ketahui bagaimana rumus tersebut dapat terbentuk. 

Pemahaman konsep merupakan dasar utama dalam pembelajaran matematika yang bisa membuat siswa mampu memanfaatkan atau mengaplikasikan apa yang telah dipahaminya ke dalam kegiatan belajar. Beberapa faktor penyebab kurangnya pemahaman konsep pada materi pola bilangan matematika yaitu kurangnya keaktifan dan kreativitas berpikir siswa serta kurangnya media pembelajaran yang mendukung, siswa cenderung bergantung pada penjelasan guru tanpa mencari dasar dari materi pola bilangan secara mandiri. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran yang sesuai jika diterapkan pada materi pola bilangan yang bisa membuat siswa aktif bergerak dan berpikir, sehingga guru bisa menjelaskan materi pola bilangan sekaligus mempraktekkan langsung melalui media papan pola bilangan biji karet bersama siswa. Dengan media pembelajaran ini siswa dapat megeneralisasikan pola bilangan serta menemukan rumus-rumus pola bilangan karena jika siswa dapat menemukan sendiri maka pemahaman konsep matematika siswa akan meningkat. 

Biji karet merupakan biji dari pohon karet yang sering dimanfaatkan masyarakat Bangka Belitung sebagai permainan untuk sekedar menghilangkan penat usai bekerja di kebun, namun sekarang permainan tersebut sudah jarang sekali dimainkan. Biji karet yang berbentuk bulat dapat digunakan untuk megeneralisasikan pola bilangan di atas papan yang digunakan sebagai alas pola. Jadi, dengan media pembelajaran ini semua siswa akan aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi pola bilangan sekaligus dapat melestarikan budaya Bangka Belitung.


Penulis : Yopa
Instansi : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
Program Studi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Dosen Pengampu : Rajab Vebrian, M.Pd.

No comments:

Post a Comment

Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung